Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 095263 Bosi Sinombah Kab. Simalungun Tahun 2021

  • Samfriati Sinurat Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth
  • Friska S.H Br. Ginting Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth
  • Novi Agrestin Sinaga Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth

Abstract

Peran orang tua adalah suatu hal kompleks pengharapan anak terhadap orang tua yang mempunyai tanggung jawab dalam keluarga. Orang tua pada awalnya berperan dalam membimbing sikap serta keterampilan yang mendasar, agar patuh terhadap aturan untuk pembiasaan yang baik. Pembelajaran daring merupakan salah satu metode pembelajaran online atau dilakukan melalui jaringan internet. Pembelajaran daring dikembangkan untuk memperluas jangkauan layanan pendidikan dan juga meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan juga tanggung jawab orang tua dan masyarakat sekitar, tidak hanya tanggung jawab lembaga pendidikan juga sangat menentukan keberhasilan pendidikan anak-anaknya, diantaranya orangtua berperan sebagai: pendidik, pendorong, fasilitator dan pembimbing. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 61 responden. Penelitian dilakuakan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi belajar daring siswa kelas III-VI selama pandemi covid-19 di SD Dolok Huluan Kabupaten Simalungn tahun 2021 mayoritas berada dalam kategori tinggi yaitu 52,2%. Hasil penelitian diperoleh peran orang tua baik 59 orang (96,7%) indikator peran orang tua sebagai pendidik ialah mayoritas cukup sebanyak 42 responden (68.9%), peran orang tua sebagai pendorong adalah mayoritas baik sebanyak 48 responden (78,7%), peran orang tua sebagai fasilitator mayoritas baik yaitu sebanyak 49 responden (80,3%) dan peran orang tua dalam pembelajaran daring sebagai pembimbing mayoritas baik sebanyak 49 responden (80,3%). Diharapkan orang tua lebih meningkatkan perannya sebagai orang tua dalam mendidik, membimbing dan mendampingi anak selama pembelajaran daring berlangsung di masa pandemi Covid-19

Kata kunci : Peran Orangtua, Pembelajaran Daring

Published
2022-08-05