ANALISIS MUTU LAYANAN PERAWATAN INSTALASI RAWAT JALAN RSUD PETANANG LUBUK LINGGAU

  • Irzanita irzanita
  • Budiman Budiman
  • Evy Meliana
Keywords: mutu pelayanan, instalasi rawat jalan, perawatan

Abstract

Kualitas mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit bergantung pada keterampilan, kecepatan, kemudahan dan ketepatan dalam melakukan tindakan praktek keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan di RSUD Petanang Lubuk Linggau. Jenis penelitian ini menggunakan cross sectional. Uji statistik menggunakan uji chi-square dengan menggunakan total populasi dengan jumlah 226 responden. Analisis dilakukan dalam tiga tahap yaitu analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat. Hasil penelitian Penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan antara usia, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, jenis penyakit, jenis pembiayaan, kenyamanan dan prosedur pelayanan dengan mutu layanan Perawatan di RSUD Petanang Lubuk linggau Tahun 2019. Dari keseluruhan proses analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari 8 variabel independent yang di duga berhubungan dengan mutu Layanan perawatan, variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap mutu layanan perawatan adalah variabel “Kenyamanan”. Saran untuk rumah sakit untuk dapat menyediakan fasilitas sarana dan prasarana penunjang yang lengkap dalam memberikan pelayanan ke pasien.

Published
2021-11-03
How to Cite
irzanita, I., Budiman, B., & Meliana, E. (2021). ANALISIS MUTU LAYANAN PERAWATAN INSTALASI RAWAT JALAN RSUD PETANANG LUBUK LINGGAU. JOURNAL OF SAFETY AND HEALTH, 1(2), 47-57. Retrieved from //ojs.ukb.ac.id/index.php/josh/article/view/381

Most read articles by the same author(s)