Pengaruh Instructional Leadership Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Pembelajaran

  • Sandy Septa Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
  • Yessi Fitriani Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
Keywords: Instructional Leadership, Progesionalsme, Mutu Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh instructional Leadership kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap mnutu pembelajaran. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se-Kecamatan Pulau Beringin . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan desain penetian menggunakan desain penelitian penelitian expost facto. Sampel dalam penelitian ini adalah total seluruh guru di SMP Negeri se-Kecamatan Pulau Beringin  yang terdiri dari 85 orang  guru. teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumetasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantittaif, dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan instructional Leadership kepala sekolah terhadap  mutu pembelajaran SMP Negeri se-Kecamatan Pulau Beringin ; 2) terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap  mutu pembelajaran SMP Negeri se-Kecamatan Pulau Beringin ; 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama instructional Leadership kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap mutu pembelajaran SMP Negeri se-Kecamatan Pulau Beringin

Published
2022-01-07
How to Cite
Septa, S., Ahyani, N., & Fitriani, Y. (2022). Pengaruh Instructional Leadership Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Pembelajaran. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(1), 45-59. https://doi.org/10.54816/jmabis.v1i1.432