Penerapan Etika Bisnis Berlandaskan Tri Hita Karana Melalui Digital Marketing (Studi Kasus Pada Ikm Sate Lilit Khas Bali)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik pemasaran yang dilakukan oleh IKM Sate Lilit Khas Bali Ibu Penta dengan menggunakan pendekatan etika bisnis berlandaskan Tri Hita Karana. Etika bisnis berlandaskan Tri Hita Karana diukur melalui tiga prinsip yaitu parahyangan, pawongan dan palemahan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis berlandaskan Tri Hita Karana belum sepenuhnya diterapkan oleh IKM Sate Lilit Khas Bali Ibu Penta. Adapun terdapat beberapa kendala atau hambatan dalam penerapan prinsip-prinsip etika bisnis yang berlandaskan Tri Hita Karana dalam digital marketing pada IKM Sate Lilit Khas Bali Ibu Penta.
References
Adhiputra, M. W. (2014). Prinsip Etika Dalam Bisnis Hindu (Fenomena Praktik Bisnis Di Era Globalisasi). Seminar Nasional UT.
Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. In Iltizam Journal of Shariah Economic Research (Vol. 6, Issue 2).
Durin, R. (2020). Arti Penting Menjalankan Etika Dalam Bisnis. Jurnal Valuta, 6(1).
Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika Bisnis Dalam Perusahaan Bisnis. Jurnal Warta, 57.
Nasution, A. S., Hasibuan, D. N., Dalimunthe, W. M., & Silalahi, P. R. (2023). Peningkatan Kinerja Industri Makanan dan Minuman Melalui Transformasi Digital di Indonesia. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 165–176.
Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Cakrawala, 10(2), 107–112.
Reditiasari, N., Wijaya, I. G. B., Aryawati, N. P. A., Sukendri, N., & Suardana, I. K. P. (2023). Tri Hita Karana Sebagai Etika Bisnis Dalam Meningkatkan Perekonomian. Guna Sewaka: Jurnal Manajemen, 1(2), 11–24.
Riana, I. G. (2011). Dampak Penerapan Kultur Lokal Tri Hita Karana terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 37–44.
Sauta, S., & Sulistyawati, A. (2021). Penerapan Tri Hita Karana Sebagai Aplikasi Marketing 3.0 The Royal Pita Maha Resort. Journey : Journalof Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 4(1).
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207
Wijaya, I. G. B. (2022). Etika Kewirausahaan Berdasarkan Ajaran Weda. Guna Sewaka: Jurnal Manajemen, 1(1), 44–51.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.