Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada PT. Tirta Sukses Perkasa Cabang Banyuasin

  • Sri Mardiana Prodi Akuntansi, STIE Abdi Nusa Palembang
Keywords: Kinerja, Perusahaan, Analisis, Laporan, Keuangan

Abstract

Untuk mengetahui tingkat kesehatan suatu perusahaan dilakukan dengan penilaian terhadap kinerja perusahaan. Oleh karena itu untuk dapat mengetahui kinerja perusahaan tersebut, maka perlu melakukan analisis terhadap kinerja keuangan perusahaan guna untuk menilai perubahan potensi sumber daya dan kelemahan kinerja yang bisa dkendalikan dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Tirta Sukses Perkasa Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan sumber data sekunder yaitu laporan keuangan 2016 sampai dengan tahun 2018 yang meliputi Neraca dan Laporan Laba-Rugi. Teknik analisis rasio yang meliputi rasio likuiditas, leverage, aktivitas, profitabilitas dan market value ratio. Sedangkan metode yang digunakan adalah time series analysis. Setelah dilakukan analisis dapat diketahui bahwa kinerja keuangan perusahaan yang dilakukan dari tingkat likuiditas sudah cukup baik dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya, karena current ratio, quick ratio dan cash ratio mampu membayar hutang lancar dan biaya operasional. Rasio laverage yakni debt to capital asset ratio nilainya cukup baik, tetapi debt to equity ratio nilainya cenderung meningkat tiap tahunnya. Nilai rasio aktivitas yakni total aset turnover dan fixed asset turnover yang perputaranya cukup cepat. Sedangkan pada rasio profitabilitas perusahaan kurang baik karena nilainya rendah, dimana masing masing rasio yakni gross profit margin, net profit margin, dan return on equity nilainya kecil walaupun tiap tahunnya meningkat.

References

Abdul Halim. 2017."tentang komponen pengembalian" jakarta:bumi aksara

Agus, Sartono. 2008 "Jenis Dan Cara Kerja Leverage pada PT. Bank BTPN Syariah Tbk di kota palembang"

Akmal huriyatul.”good corporate governance dan manjemne resiko di bank syariah medan”Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 1, 2015

Anonim.2021.”Pedoman Penyusunan Proposal Penelitian Dan Skripsi Stie Abdi Nusa Palembang”

Anwar.2011. "memahami metode penelitian deskriptif" Bandung: Alfabeta

Azzahra, Nia, et al. "Evaluation And Design Of Management Information System Development In Completeness Of Recipe Screening In Ar-Rasyid Islamic Hospital Palembang." Jurnal Farmasi Sains dan Praktis (2023): 202-211.

BCBS."tujuan dan manfaat good corporate governance'', Jakarta: Citra Graha

Bramantyo.2008."faktor terjadinya risiko pembiayaan" Jakarta: Rajawali pers

Cadbury. 2013. "pengertian good corporate governance pada PT.Bank BTPN Syariah Tbk di kota palembang"

Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2010

Fahmi.2002."tentang pengertian pengembalian " jakarta: bumi aksara

FCGI, ” pelaksanaan Good Corporate Governance', Jakarta: Citra Graha, 2012.

Firdaus .2017."Bentuk dan substansi perjanjian jaminan pinjaman jakarta: selemba Empat

Hadisapoetro, Hartono. 2007." sifat dan bentuk perjanjian Jaminan Pinjaman."Jakarta: selemba Empat .

Hanafi.2006."jenis jenis risiko pembiayaan" Jakarta: Rajawali pers

Ikhsan, M., & Wahab, S. (2021). Kepastian Hukum Tenaga Kefarmasian Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Kefarmasian. Jurnal Hukum Kesehatan Indonesia, 1(02), 106-120.

Jogiyanto Hartono.2013."jenis dan komponen Pengembalian" Jakarta: bumi aksara.

Muliana, H., Sarwo, Y. B., & Wahab, S. (2021). Legal Protection for Consumers and Business Actors in Selling and Buying Drugs Online. SOEPRA, 7(2), 361-375.

Muliana, H., Sutanto, R., & Wahab, S. (2022). Analisis Pengendalian Persediaan Farmasi di Rumah Sakit Awal Bros Batam. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 6(2), 138-155.

Muqorabin.2015. "prinsip prinsip good corporate governance dalam islam". Universitas Muhammadiyah, 2015.

P.D, S. 2014. "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.Pdf, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D".

Putri yusri.”implementasi good corporate governance untuk mengelola risiko Perbankan . Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 2, No. 2, 2016.

Richard.2015."tentang pengertian Risiko Pembiayaan" Jakarta: Rajawali pers.

Satori, D. 2011." Metode Penelitian Kualitatif". Bandung: Alfabeta.

Sugiono.2011.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuwantitatif, Kuwalitatif, R&D), Alfabbeta Pres.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Published
2023-12-26
How to Cite
Mardiana, S. (2023). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada PT. Tirta Sukses Perkasa Cabang Banyuasin. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 36-42. https://doi.org/10.54816/jmabis.v2i2.774