Hubungan Motivasi Dengan Manajemen Waktu Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Ners Tahap Akademik STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021

  • Samfriati Sinurat Sinurat Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth
  • Vina Yolanda Sigalingging Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth
  • Winda Feri Wiranata Haloho Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan yang kuat dari dalam diri mahasiswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh sehingga individu mampu berperan aktif, bersemangat dan meningkatkan motivasi dalam menyelesaikan tugas, dan mampu mengatur waktu dengan baik antara belajar dan mengisi waktu luang demi mencapai tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan manajemen waktu belajar di masa pandemi covid-19 pada mahasiswa ners tahap akademik STIKes Santa Elisabeth Medan tahun 2021. Jenis rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan non-eksperimen dengan desain Cross Sectional dengan metode pengambilan sampel adalah random sampling sebanyak 90 responden mahasiswa ners tahap akademik STIKes Santa Elisabeth Medan. Hasil penelitian diperoleh motivasi baik 64 orang (71,1%), manajamen waktu belajar baik 62 orang (68,9%). Hasil uji chi square diperoleh p-value = 0,000 (p>0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi dengan manajemen waktu belajar di masa pandemi covid-19 pada mahasiswa ners tahap akademik STIKes Santa Elisabeth Medan tahun 2021

Kata kunci : Motivasi, Manajemen Waktu Belajar Di Masa Pandemi Covid-19

Published
2022-08-05