Pengaruh Rekrutmen dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang

  • Rio Nuraewan Putra Prodi Manajemen, STIE Abdi Nusa Palembang
Keywords: Rekrutmen, Pelatihan, Kinerja Pegawai

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang didapatkan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Keberhasilan dari kinerja pegawai dari sebuah perusahaan maupun lembanga tersebut memalui proses rekrutmen dan pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rekrutmen dan pelatihan terhadap kinerja pegawai Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya dan untuk mengetahui variabel rekrutmen (X1) dan pelatihan (X2) yang manakah berpengaruh terhadap kinerja (Y) pada Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang menggunakan skala likert. Populasi atau sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya sebanyak 101 orang dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah  sampling jenuh semua populasi digunakan sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persentase pengaruh rekrutmen (X1) sebesar 6.2% lebih besar dibandingkan variabel pelatihan (X2) sebesar 4.2%  secara parsial, sedangkan secara simultan variabel rekrutmen dan pelatihan berpengaruh sebesar 11.4% terhadap kinerja pegawai (Y). Meskipun persentase pengaruhnya tidak terlalu besar, karena maasih didominasi oleh variabel lainya. Maka dapat disimpulkan bahwa rekrutmen dan pelatihan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Arisom, G. J., & Sumbogo, I. A. (2018). Pengaruh rekrutmen dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru SD, SMP, SMA Saint John Harapan Indah Di Kota Bekasi.

Arisom, Gerson Junius, and Ignatius Ario Sumbogo. "Pengaruh rekrutmen dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru SD, SMP, SMA Saint John Harapan Indah Di Kota Bekasi." (2018).

Azzahra, Nia, et al. "Evaluation And Design Of Management Information System Development In Completeness Of Recipe Screening In Ar-Rasyid Islamic Hospital Palembang." Jurnal Farmasi Sains dan Praktis (2023): 202-211.

Dewi, A. I. S., & Darma, G. S. (2017). Proses Rekrutmen, Seleksi, Pelatihan, Penempatan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 1-18.

Efendi, S., & Winenriandhika, O. (2021). Pengaruh rekrutmen, pelatihan dan pengalaman kerja terhadap kepuasan kerja dan dampaknya pada kinerja karyawan di PT. Marketama Indah. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 99-110.

Haris, I. A., Achmadi, R., Kartika, R., Zein, S. F., Rahmadini, S., Hanita, S., & Yusuf, Z. Z. (2020). Pengaruh Rekruitmen, Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bank Danamon Indonesia Tbk. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(3), 56-74.

Hasanah, I. A., & Indahingwati, A. (2017). Pengaruh Rekrutmen, Pelatihan Dan Penempatan Karyawan Terhadap Kinerja Pada Rsu Haji Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(8).

Ikhsan, M., & Wahab, S. (2021). Kepastian Hukum Tenaga Kefarmasian Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Kefarmasian. Jurnal Hukum Kesehatan Indonesia, 1(02), 106-120.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo

Latif, A. (2018). Pengaruh Rekrutmen Seleksi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Bank Rakyat Indonesia CG Cikditiro, Yogyakarta.

Ma’ruf, A. A. (2018). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Hotel Grand Inna Malioboro Yogtakarta.

Muliana, H., Sarwo, Y. B., & Wahab, S. (2021). Legal Protection for Consumers and Business Actors in Selling and Buying Drugs Online. SOEPRA, 7(2), 361-375.

Muliana, H., Sutanto, R., & Wahab, S. (2022). Analisis Pengendalian Persediaan Farmasi di Rumah Sakit Awal Bros Batam. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 6(2), 138-155.

Pancasila, I., Haryono, S., & Sulistyo, B. A. (2020). Effects of work motivation and leadership toward work satisfaction and employee performance: Evidence from Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(6), 387-397.

Pratama, Aan Rio. "Pengaruh Rekrutmen, Penempatan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Unilever Indonesia, Tbk." E-Journal Manajemen" BRANCHMARCK" 3.3 (2017).

Priansa, & Donni Junni. (2017). Manajemen Kinerja Kepegawaian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Purwati, A. A., & Satria, H. (2017). Pengaruh Perekrutan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Skala Sport Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(4), 418-429.

Safrina, M. (2017). Pengaruh Rekrutmen, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Sekolah Islam Terpadu Auladi Pakjo Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Safrina, Merry. Pengaruh Rekrutmen, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Sekolah Islam Terpadu Auladi Pakjo Palembang. Diss. UIN RADEN FATAH PALEMBANG, 2017.

Simbolon, S. (2021). Pengaruh Rekrutmen dan Seleksi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Great Dynamic Indonesia (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh rekrutmen, seleksi dan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(1), 14-31.

Syatoto, I. (2018). Pengaruh Rekrutmen dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Radana Bhaskara Finance. Tbk. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 1(2).

Tamin, S. T. Pengaruh Rekrutmen, Motivasi dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Wilayah DKI Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).

Veithzal Rivai Zainal, S. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan . Edisike-7. Depok: PT RAJAGRAFINDO

Widodo, S.E. (2015). Manajemen pengembangan sumber daya manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirawan. (2015). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, teori aplikasi dan penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Yulasmi. (2016). Pengaruh Rekrutmen dan Penempatam Terhadap Kinerja Karyawan. Fakultas Ekonomi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.Vol 23 No Maret 2016, 68-76.

Published
2023-12-26
How to Cite
Putra, R. (2023). Pengaruh Rekrutmen dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.54816/jmabis.v2i2.765