Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Empat Lawang Agro Perkasa (ELAP) Di Kabupaten Empat Lawang

  • Sindang Sari Prodi Manajemen, STIE Abdi Nusa Palembang
Keywords: Fasilitas, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan

Abstract

Hal terpenting dalam pengelolaan sumber daya manusia adalah dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan memperhatikan faktor disekelilingnya agar tetap optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh fasilitas terhadap kinerja karyawan, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, dan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Empat Lawang Agro Perkasa. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner,  Sampel pada penelitian ini dengan teknik Probability Sampling yang berjumlah 87 responden pada karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Empat Lawang Agro Perkasa. Variabel Independent dalam penelitian ini adalah fasilitas (X1), Motivasi kerja (X2), dan Disiplin Kerja (X3), variabel dependent adalah kinerja karyawan (Y). Teknik analisis data menggunakan Analisis Linier Berganda, dengan Uji T dan Uji F untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Anggrainy, I. F. (2018). Pengaruh Fasilitas Kerja, Disiplin Kerja dan Kompesensi terhadap Motivasi Kerja Implikasinya pada Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Aceh. Jurnal Magister Manajemen.

Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Azzahra, Nia, et al. "Evaluation And Design Of Management Information System Development In Completeness Of Recipe Screening In Ar-Rasyid Islamic Hospital Palembang." Jurnal Farmasi Sains dan Praktis (2023): 202-211.

Chasanah & Rustiana. (2017). Pengaruh kemampuan kerja, fasilitas kerja, dan prinsip prosedur kerja terhadap kinerja pegawai di kantor kecamatan se kabupaten batang. enonomic education analysis jurnal,.

Faisal. (2005). ”Analisis Agency Costs, Struktur Kepemilikan dan Mekanisme Corporate Governance'' Jurnal Riset Akuntansi Indonesia,.

Ikhsan, M., & Wahab, S. (2021). Kepastian Hukum Tenaga Kefarmasian Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Kefarmasian. Jurnal Hukum Kesehatan Indonesia, 1(02), 106-120.

Jufrizen, F. P. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Kryawan Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Sains Manajemen.

Muliana, H., Sarwo, Y. B., & Wahab, S. (2021). Legal Protection for Consumers and Business Actors in Selling and Buying Drugs Online. SOEPRA, 7(2), 361-375.

Muliana, H., Sutanto, R., & Wahab, S. (2022). Analisis Pengendalian Persediaan Farmasi di Rumah Sakit Awal Bros Batam. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 6(2), 138-155.

Murtiningsih, E. (n.d.). Pengaruh Motivasi Kesejahteraan Dan Fasilitas Kerja Terhadap KInerja satuan anggota Polisi Pamong Praja Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi. 2012.

Nugroho. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan Spss, Andi Yogyakarta.

Potu. (2013). Kepemimpinan, motivasi kerja, dan lingkungan kerja pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo Dan Maluku Utara di Manado. jurnal EMBA.

Sayuti. (2017). Motivasi dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta. Graha Ilmu .

Singodimedjo, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya : SMMAS.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : alfabeta CV.

Sutrisno, S. (2018). Pengaruh Pelatihan Pelayanan Prima Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sumber Sarana. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia).

Umar, Husein (2003). Studi Kelayakan Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Published
2023-06-28
How to Cite
Sari, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Empat Lawang Agro Perkasa (ELAP) Di Kabupaten Empat Lawang. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(1), 16-21. https://doi.org/10.54816/jmabis.v2i1.768