Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Empat Lawang Agro Perkasa (ELAP) Di Kabupaten Empat Lawang

  • Sindang Sari Prodi Manajemen, STIE Abdi Nusa Palembang
Keywords: Fasilitas, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan

Abstract

Hal terpenting dalam pengelolaan sumber daya manusia adalah dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan memperhatikan faktor disekelilingnya agar tetap optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh fasilitas terhadap kinerja karyawan, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, dan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Empat Lawang Agro Perkasa. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner,  Sampel pada penelitian ini dengan teknik Probability Sampling yang berjumlah 87 responden pada karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Empat Lawang Agro Perkasa. Variabel Independent dalam penelitian ini adalah fasilitas (X1), Motivasi kerja (X2), dan Disiplin Kerja (X3), variabel dependent adalah kinerja karyawan (Y). Teknik analisis data menggunakan Analisis Linier Berganda, dengan Uji T dan Uji F untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Kosda Karya.
Amien Silalahi. (2003). metode penelitian dan studi kasus. sidoarjo CV Citra Media.
Agustini, F. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: Medanatera.
Anggrainy, I. F. (2018). Pengaruh Fasilitas Kerja, Disiplin Kerja dan Kompesensi terhadap Motivasi Kerja Implikasinya pada Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Aceh. Jurnal Magister Manajemen.
Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.
Bahri, S. (2018). Metode Penelitian Bisnis.
Chasanah & Rustiana. (2017). Pengaruh kemampuan kerja, fasilitas kerja, dan prinsip prosedur kerja terhadap kinerja pegawai di kantor kecamatan se kabupaten batang. enonomic education analysis jurnal,.
Faisal. (2005). ”Analisis Agency Costs, Struktur Kepemilikan dan Mekanisme Corporate Governance'' Jurnal Riset Akuntansi Indonesia,.
Fitriani, N. (2013). pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan fasilitas kerja terhadap kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: badan penerbit universitas diponegoro.
Halim Indratho. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Bank Indonesia.
Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT Buku.
Hartatik, P. I. (2018). Sumber Daya Manusia, Jogjakarta: Laksana.
Hasibuan. (2014). Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia, Fungsi Manjemen, Pengawasan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, J. S. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu.
Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber.
Hasibuan, M. S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hasibuan.S.P.M. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.
Ikhsan, A. d. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Akuntansi dan Manajemen. Bandung: Citapustaka Media.
Jufrizen, F. P. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Kryawan Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Sains Manajemen.
Jufrizen, J. (2017). Pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja perawat Studi pada Rumah Sakit umum madani medan. Jurnal riset sains manajemen .
lina. (2014). Analisis pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan sistem reward sebagai variabel moderating. jurnal riset akuntansi dan bisnis,.
Listyani, I. (2016). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Komunikasi Kerja Terhadap Kinerja karyawan. Jurnal Manjemen Dan Kewirausahaan. .
Lukiyana, &. T. (2016). pengaruh Kompensasi Dan Fasilitas Kerja Terhadap kinerja guru dengan disiplin kerja sebagai variabel intervening pada TK misi bagi bangsa sejakarta.
Malayu S.P Hasibuan. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT bumi aksara.
Mulyapradana, A. &. (2016). Jadi Karyawan Kaya Genius Mengetahui & Mengelola Hak Keuangan Karyawan. Visimedia.
Murtiningsih, E. (n.d.). Pengaruh Motivasi Kesejahteraan Dan Fasilitas Kerja Terhadap KInerja satuan anggota Polisi Pamong Praja Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi. 2012.
Nugroho. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan Spss, Andi Yogyakarta.
Potu. (2013). Kepemimpinan, motivasi kerja, dan lingkungan kerja pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo Dan Maluku Utara di Manado. jurnal EMBA.
Sayuti. (2017). Motivasi dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta. Graha Ilmu .
Singodimedjo, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya : SMMAS.
Siswadi, Y. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja karyawan padapt. jasa marga cabang (belmera) medan. jurnal ilmiah manajemen dan bisnis Umsu, .
Sitompul. (2018). Analisis Pengaruh Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro. 32.
Sitompul, R. (2018). Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas. 31–37.
Sofyan. (2017). Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. 22.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : alfabeta CV.
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana .
Sutrisno, S. (2018). . Pengaruh Pelatihan Pelayanan Prima Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sumber Sarana. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta. .
Suriasumantri. Jujun S. (2001). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Pustaka sinar Harapan, Jakarta.
Umar, husein (2003). Studi Kelayakan Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Published
2024-02-25
How to Cite
Sari, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Empat Lawang Agro Perkasa (ELAP) Di Kabupaten Empat Lawang. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(1), 16-21. https://doi.org/10.54816/jmabis.v2i1.768